Cara Menghentikan dan Mengatasi Komentar Spam di Blogspot


Komentar Spam pasti sudah tidak asing untuk para blogger, baik itu Blogspot atau Wordpress. Namun karena saya menggunakan Blogspot saya ingin membahas tentang cara menghentikan dan mengatasi spam di Blogspot.

Spam adalah sebuah komentar yang tidak ada kaitanya dengan isi dari posting, atau kumpulan dari link-link yang tidak jelas. Biasanya spam dilakukan tidak tanggung-tanggung, seperti blog ini yang kemarin mendapatkan 50+ komentar spam.

Spam juga tidak baik untuk kualitas SEO blog kita karena kita memberikan link keluar lebih banyak daripada backlink yang kita dapatkan. Spam juga membuat blog kita seperti sampah karena banyak sekali kumpulan link yang ada di blog kita. Jika kita mendapatkan serangan spam sebaiknya kita langsung menghapusnya.

Cara mengatasi serangan spam sebetulnya sangat mudah dan fiturnya juga sudah disediakan oleh blogspot itu sendiri. Berikut cara mengatasi spam:
1. Aktifkan Captcha
Captcha adalah sebuah rintangan saat anda ingin berkomentar, dengan mengaktifkan Captcha maka blog kita akan semakin sedikit kemungkinannya untuk terserang spam, karena biasanya robot spam tidak bisa membaca Captcha. Namun muncul masalah baru, pengunjung akan malas untuk berkomentar, tapi itu tidak terlalu bermasalah karena pengunjung pasti akan memberikan komentar yang lebih baik.
Cara mengaktifkan Captcha: Dashboard -> Stelan -> Pos dan Komentar -> Verifikasi Kata -> Ya.

2. Moderasi Komentar
Jika Captcha sudah tidak mempan lagi maka silahkan aktifkan moderasi komentar, hal ini adalah cara yang paling ampuh karena setiap komentar harus mendapat persetujuan dari pemilik blog atau admin. Namun, jika kita mengaktifkan fitur ini maka kita harus menyetujui komentar secara manual.
Cara mengaktifkan Moderasi Komentar: Dashboard -> Stelan -> Pos dan Komentar -> Moderasi Komentar -> Selalu.

3. Google+ Komentar
Mungkin ini salah satu alternatif yang cukup bisa diandalkan, karena dengan mengaktifkan Google+ Komentar maka orang yang akan berkomentar harus memiliki akun Google+ dan orang yang melakukan spam pasti akan dibanned oleh Google+ jadi kita tidak perlu khawatir.

Terimakasi Telah Membaca Artikel Saya.

0 Response to "Cara Menghentikan dan Mengatasi Komentar Spam di Blogspot"

Post a Comment

1 Jangan Memberikan Komentar Spam
2. Jangan Menuliskan URL Aktif
3. Jangan Memberikan Iklan